Sabtu, 25 Juni 2011

Harga Surga

Sungguh bodoh orang yang menjual hal yang kekal dengan yang fana, bersantai-santai dalam meraih pahala, dan lalai dalam berbagai urusan. Sesungguhnya surga membuat rindu orang-orang yang mencarinya dan berhias untuk orang-orang yang menghendakinya. Ayat-ayat Alquran berbicara tentang gambaran isinya, suara-suara yang menjelaskannya memenuhi pendengaran para hamba, seakan kalian telah membukakan pintu-pintunya dan berbagi-bagi kepada para penghuninya pada Hari Kiamat, dan lidah-lidah yang berangan-angan telah menyanyikan kedekatan kubahnya.
 
Abu Hurairah Radiyallahu anhu meriwayatkan; Kami berkata,” Ya Rasulullah, ceritakan kepada kami tentang surga dan bangunannya.”

Beliau bersabda,”Batu batanya terbuat dari emas dan perak, pelurnya dari misik yang semerbak, temboknya dari mutiara dan permata, tanahnya dari za’rafan. Siapa yang masuk ke dalamnya akan merasakan kenikmatan dan tidak akan bersedih, dia kekal dan tidak akan mati, pakaian-pakaiannya tidak akan usang dan dia tidak bertambah tua.” (HR. Ahmad, at-tirmidzi)

Wahai  jiwa, bersegeralah menggunakan waktu sebelum ia berlalu, bersungguh-sungguhlah dalam menjaga malam-malam dan hari-hari kehidupan, seolah-olah kamu telah dikoyak-koyak oleh kuburan, semua urusan telah terbukti, wajah-wajah orang yang bertakwa telah terbit berseri-seri, dan kepala-kepala orang yang bermaksiat menunduk.

Wahai jiwa, orang-orang yang wara’ telah bersungguh-sungguh, orang-orang yang takut telah bersiap siaga, orang-orang shaleh telah berangkat, orang-orang yang memberi nasehat telah berteriak dan memberikan nasehat. Ilmu tidak akan didapatkan kecuali dengan bersusah payah dan harta tidak akan didapatkan kecuali dengan keletihan.

Jika kamu telah bertekad maka bersegeralah, jika kamu telah berniat maka bersabarlah. Ketahuilah sesungguhnya tidak akan didapatkan kemegahan oleh orang yang berada di luar jalurnya.

“jangan mengira bahwa kemuliaan adalah korma yang kamu makan
Tidak akan mencapai kemuliaan hingga kamu merasakan kesabaran

Sabarlah terhadap cobaan, maka saat itu akan mendapatkan kemudahan. Bertahanlah dalam bencana, maka banyak sekali pahalanya;

“Jangan bersedih terhadap bencana yang menimpa
Dan bersabarlah ketika takdir saatnya tiba
Besok orang-orang yang sabar akan menuai kebahagiaannya
Di surga yang di bawahnya mengalir sungai-sungai.”



Tidak ada komentar:

Posting Komentar